Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Melunasi Hutang Dengan Metode Bola Salju

suaramilenial.id Hutang tidak dapat kita tunda-tunda untuk segera melunasi. Semakin menunda, maka akan semakin menjadi beban. Perlu adanya komitmen untuk bisa melunasi hutang. Selain itu juga metode yang tepat. Nah, yuk berkenalan dengan metode bola salju yang banyak digunakan orang untuk bisa melunasi hutang.

Kekuatan utama dari metode melunasi hutang secara umum terletak pada kita sendiri. Apa pun metode yang kita pilih, jika kita tidak berkemauan kuat, ya hutang akan kita abaikan.

Padahal dalam banyak kasus, hutang akan menjadikan keuangan kita semakin memburuk ketika kita menunda dan menunda. Apa lagi jika hutang berbunga. Atau jika hutang yang kita lakukan untuk kegiatan konsumtif.

Apa Saja Dampak Dari Hutang?

Mungkin sahabat akan melewati bagian ini ketika membaca artikel ini. Karena sudah merasa tahu tentang dampak negatif dari hutang. Tapi coba deh kita baca pelan-pelan lagi, biar kita semakin yakin untuk bisa segera melunasi. Apa saja dampak dari hutang?

Hutang akan menjadikan kita kehilangan lebih banyak uang: Melakukan pinjaman atau hutang berpotensi memperbesar risiko kehilangan uang. Mari kita lihat bunga yang harus kamu tanggung . Kita bisa lihat bahwa jumlah uang untuk membayar utang akan lebih besar daripada pokok pinjaman karena faktor bunga.

Hutang menjadikan kualitas hidup terancam: Kamu yang terbebani utang bisa meningkat stres hidup. Tidak jarang kondisi stres karena hutang ini berujung pada kesehatan yang memburuk atau keretakan hubungan dengan pasangan.

Hutang menjadikan tujuan keuangan sulit tercapai: Jelas saja berbagai target keuanga kamu, seperti mampu membeli rumah atau memiliki dana darurat, bakal sulit kita raih. Karena kamu tersibukkan dengan bunga dan tagihan hutang.

Bagaimana Cara Melunasi Utang Dengan Metode Bola Salju?

Nah, karena memiliki hutang tidak enak. Apa lagi pada masa krisis seperti sekarang. Beban hidup yang semakin berat karena perekonomian memburuk. Jangan jadi tambah suram dengan hutang yang menumpuk.

Mari kita coba pelajari satu metode dalam melunasi hutang. Kita coba Metode Bola Salju untuk merancang cara melunasi hutang kita. Metode ini sangat efektif sebagai cara penyelesaian utang bagi mereka yang membutuhkan motivasi dalam hidupnya.

Berkenalan dengan metode bola salju dalam melunasi hutang. Jadi, Metode Bola Salju merupakan cara melunasi hutang yang diperkenalkan oleh Dave Ramsey. Dave merupakan seorang penulis dan konsultan keuangan pribadi asal Amerika Serikat.

Dave meyakini bahwa pelunasan hutang memiliki kaitan atau berhubungan dengan kebiasaan hidup. Sehingga, metode melunasi hutang Bola Salju ini ia yakini bisa menciptakan perilaku seseorang menjadi strategi mengurangi hutang.

Dave Ramsey memandang bahwa seseorang membutuhkan motivasi agar mau dan mampu melunasi hutang. Sehingga, dengan menerapkan Metode Bola Salju Dave membuktikan seseorang bisa melunasi hutangnya. Sehingga metode ini menjadi efektif karena mampu menciptakan momentum yang vital dalam pelunasan utang.

Jadi, garis besar dari Metode Bola Salju adalah dengan cara menyelesaikan utang terkecil dulu sampai lunas. Baru kemudian, melakukan pelunasan ke hutang berikutnya sampai semuanya habis.

Kemampuan pelunasan hutang terkecil itu sebagai momentum oleh Dave Ramsey. Karena ketika seseorang berhasil melakukannya, maka ia akan merasa senang sehingga akan lebih bersemangat untuk melunasi hutang lainnya.

Seperti Apa Cara Melunasi Hutang Dengan Metode Bola Salju?

Kita telah mengetahui prinsip dasar dari metode melunasi hutang dengan Metode Bola Salju. Nah, mari kita rinci seperti apa cara agar metode ini dapat berjalan dengan baik.

Metode Bola Salju pada dasarnya bisa menjadi pilihan bagi mereka yang memiliki banyak utang dengan sistem pembayaran angsuran. Sederhananya hutang terkecil akan kita selesaikan terlebih dulu. Cara melunasi hutang tersebut kita ulang terus-menerus sampai semua utang habis.

Runtutan cara dalam menjalankan metode bola salju untuk melunasi hutang adalah sebagai berikut:

  1. Catat dan hitung semua utang yang kita miliki secara mendetail.
  2. Lihatlah jumlahnya, nilai bunga, hingga besar angsuran yang harus kita bayar.
  3. Setelah utang terdata dengan baik, susunlah daftar utang dari yang terkecil hingga yang terbesar.
  4. Jika jumlahnya ada yang sama, hitung lagi bunga atau angsurannya hingga menemukan jumlah utang yang lebih kecil.
  5. Sesudah utang tersusun dari kecil ke besar, fokuskan uang untuk melunasi utang terkecil. Caranya, kamu tetap membayar angsuran minimal untuk semua utang lain, kecuali utang paling kecil.
  6. Bayarlah angsuran utang yang paling kecil dengan kemampuan pembayaran terbesar yang kita miliki. Lakukan hal tersebut hingga utang terkecil lunas.
    Agar bisa melakukannya, kamu harus punya uang tambahan.
  7. Berhemat atau mengerjakan pekerjaan sampingan dapat menjadi cara memperoleh uang ekstra.
  8. Ketika utang dengan nilai terkecil telah lunas, segera lakukan mekanisme serupa ke hutang di atasnya.
  9. Tambahkan sisa uang yang biasanya kita pakai membayar utang terkecil sebagai fokus pembayaran utang berikutnya.
  10. Terus jalankan mekanisme serupa hingga semua utang lunas.

Kondisi melunasi hutang dari kecil ke besar ini, mirip dengan bola salju yang semakin membesar ketika bergulir. Dari gumpalan kecil, ia akan menjadi gumpalan yang lebih besar lagi dan akan sangat besar. Kaitan dengan hutang, dari melunasi yang kecil sampai lunas semua.

Apakah Metode Bola Salju Ini Efektif?

Mungkin kamu akan bertanya, apakah cara melunasi hutang dengan metode bola salju ini akan efektif. Ya, semua kembali pada kamu sendiri. Secara umum cara melunasi utang dengan Metode Bola Salju terbilang efektif. Seperti yang Ramsey tekankan bahwa Metode Bola Salju mengandalkan kekuatan psikologis.

Jadi, ketika satu hutang berhasil kita lunasi, orang bergairah untuk mengejar penyelesaian utang berikutnya. Nah kita bisa catat, bahwa motivasi kamu menjadi kunci dalam melunasi hutang.

Jika kamu ingin melihat hasil mereka yang melunasi hutang dengan metode ini dan terbukti berhasil. Ada riset oleh Remi Trude dari Boston University. Jadi dalam penelitian terhadap 6000 pemakai kartu kredit ini, Trude menemukan, peminjam yang melunasi utang terkecilnya secara lebih awal, ternyata lebih cepat melunasi semua utangnya. Selain itu, peminjam termotivasi untuk membayar utang-utang lainnya.

Nah, Temuan Trude ini selaras dengan hasil riset Blake McShane dan David Gal dari Kellogg Business School di Northwestern University. Bisa kita baca pada Journal of Marketing Research, McShane dan Gal menyebutkan, faktor psikologis terbukti secara empiris mendukung pelunasan utang.

Jadi, saat seseorang mampu melunasi utang sekecil apa pun dengan lebih cepat, orang akan merasa lebih senang. Ini membuat mereka termotivasi untuk melunasi utang lainnya.

Maka, dari hasil riset yang ada, Metode Bola Salju pantas kamu coba. Metode ini cocok buat mereka yang memerlukan motivasi untuk melakukan pelunasan hutang. Bisa jadi salah satunya adalah kamu.

Kesimpulan

Ada banyak metode atau cara melunasi hutang. Semua metode memiliki peruntukan yang berbeda. Kamu mungkin akan cocok dengan metode A dan tidak cocok dengan metode B.

Namun kata kunci paling utama untuk kamu bisa berhasil adalah; kemauan kamu melunasi hutang. Apa pun metode yang kamu pilih, jika kamu tidak ada kemauan, ya tidak akan selesai juga hutang kamu.

Selain itu, penting juga untuk kamu paham bagaimana cara mengelola keuangan kamu dengan baik. Jangan sampai setelah melunasi hutang, eh kamu terlilih hutang lagi. Hehe.

Nah kamu bisa nih jadi generasi Cerdas Financial dengan ragam metode keuangan yang menjadi bagian dari topik pembahasan di website ini. Kamu juga bisa menuliskan cara-cara kamu dalam mengelola keuangan kamu loh. Demikian pembahasan kali ini. Salam. RAR.

Posting Komentar untuk "Melunasi Hutang Dengan Metode Bola Salju"