Page Nav

SHOW

Post Meta

SHOW

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

PLN-picsay

Top! SMKN 1 Balikpapan dan Politeknik Negeri Banjarmasin Sabet Juara Umum K3TAB 2023

 

 PT Trakindo Utama (Trakindo), penyedia solusi alat berat Caterpillar di Indonesia, mengumumkan SMKN 1 Balikpapan dan Politeknik Negeri Banjarmasin sebagai juara umum Kompetisi Kompetensi Keahlian Teknik Alat Berat (K3TAB) 2023. Foto-Istimewa

SUARAMILENIAL.ID, JAKARTA -  PT Trakindo Utama (Trakindo), penyedia solusi alat berat Caterpillar di Indonesia, mengumumkan SMKN 1 Balikpapan dan Politeknik Negeri Banjarmasin sebagai juara umum Kompetisi Kompetensi Keahlian Teknik Alat Berat (K3TAB) 2023.

Mengusung tema “Raih Prestasi Cemerlang, Bangun Masa Depan Gemilang”, penyelenggaraan K3TAB 2023 yang berlangsung sejak 30 September ini berhasil menjangkau lebih dari 30 peserta SMK dan Politeknik jurusan alat berat dari berbagai wilayah Indonesia.

Chief Administration Officer Trakindo, Yulia Yasmina menjelaskan, penyelenggaraan K3TAB merupakan ajang untuk mengidentifikasi kemampuan dan potensi peserta didik jurusan Teknik Alat Berat dalam kaitannya dengan kesiapan peserta didik untuk memasuki dunia kerja.

“K3TAB merupakan bagian dari program CO-OP yang sudah Trakindo lakukan sejak 1996, dan menjadi salah satu gambaran keseriusan Trakindo dalam berkontribusi memajukan pendidikan vokasi alat berat di Tanah Air. Kami berharap semua pemangku kepentingan yang terlibat terus memiliki semangat untuk bersama-sama melanjutkan sinergi baik ini demi kemajuan kualitas generasi penerus bangsa,” ucap Yulia, Sabtu (7/10).

Lebih banyak dari tahun sebelumnya, penyelenggaraan K3TAB tahun ini diikuti 8 SMK dan 5 Politeknik dari berbagai wilayah di Indonesia.

Di antaranya SMKN 1 Balikpapan, SMKN 1 Lubuk Pakam, SMKN 1 Mimika, SMKN 1 Singosari, SMKN 2 Dumai, SMKN 2 Sumbawa Besar, SMKN 3 Sorong, SMKN 6 Samarinda, Politeknik Negeri Banjarmasin, Politeknik Negeri Padang, Politeknik TEDC Bandung, Politeknik Negeri Ujung Pandang, dan Politeknik Negeri Samarinda.

Dengan berakhirnya K3TAB 2023, Yulia mengucapkan selamat serta nasihatnya kepada seluruh peserta agar bisa terus berprestasi dan menjadi inspirasi bagi rekan, keluarga, masyarakat dan negara.

“Keberadaan kalian hari ini mewakili sekolah atau kampus adalah sebuah prestasi tersendiri. Lanjutkan semangat juang tinggi ini, terus kembangkan diri tanpa henti menjadi pribadi yang terampil serta adaptif dan raih masa depan gemilang. Terima kasih kami ucapkan kepada para guru, dosen, serta berbagai pihak lainnya yang telah berkomitmen terhadap kemajuan teknik Alat Berat dengan berpartisipasi di acara ini,” ujar Yulia.

Sementara itu, perwakilan juara umum tingkat SMK asal SMK 1 Balikpapan, Muhammad Nadlifsyam mengatakan, kegiatan K3TAB ini sangat positif, karena bisa membantu sekolah dalam memberikan banyak ilmu pengetahuan serta gambaran langsung akan dunia kerja.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Trakindo, guru dan semua yang terlibat dalam penyelenggaraan kompetisi K3TAB 2023. Pencapaian kami selama di kompetisi K3TAB ini tak lepas dari arahan serta didikan dari instruktur Trakindo selama kami menjalani pelatihan on the job training (OJT), sehingga kami bisa merasakan pengalaman kerja yang sesungguhnya dan bisa menjalani kompetisi dengan hasil yang baik,” kata Nadlifsyam.

Di sisi lain, perwakilan juara umum tingkat Politeknik asal Politeknik Negeri Banjarmasin, Pinta Raharja mengungkapkan, rasa syukur dan terima kasih atas terpilihnya Politeknik Banjarmasin sebagai juara umum K3TAB 2023.

“Kami merasa sangat bersyukur atas kemenangan ini. Bagi kami, kerja sama tim serta komunikasi yang baik menjadi kunci utama keberhasilan tim kami, sehingga bisa berhasil menjadi juara umum. Semoga ke depannya K3TAB bisa terus diselenggarakan dan semakin banyak kegiatan lainnya dari yang melibatkan peserta dari Politeknik ataupun SMK. Selain itu, kami juga berharap agar keluarga besar Trakindo K3TAB bisa terus menjalin komunikasi dan bisa bertemu kembali saat di dunia kerja,” ungkap Pinta Raharja didampingi dosen pendamping, M. Khafidz Arifin.

Diketahui, program K3TAB dirancang untuk meninjau kompetensi (skill dan knowledge) yang diperoleh peserta didik selama kurang lebih 2 tahun, sesuai dengan jenjang pendidikannya.

Dengan demikian, maka materi-materi yang diujikan disesuaikan dengan materi yang telah diperoleh peserta didik dalam kurun waktu tersebut.

Secara umum para peserta pada kompetisi ini diuji melalui 4 tahap, dengan melibatkan tim juri para ahli/profesional dari Trakindo.

Di antaranya, yaitu Innovation Presentation untuk memaparkan 1 judul presentasi dalam Bahasa Indonesia; Knowledge Assessment dengan ujian tertulis dan mengidentifikasi nama-nama komponen pada engine dan machine; Practical Assessment dengan melakukan pekerjaan, mulai dari menentukan reusability suatu komponen, hingga melakukan Preventive Maintenance (perawatan) pada engine; Teamwork & Attitude di mana selama melakukan kegiatan, perilaku para peserta juga akan dinilai.

Daftar pemenang K3TAB 2023:                        

Tingkat SMK

Tingkat Politeknik


Juara Umum

SMKN 1 Balikpapan

Politeknik Negeri Banjarmasin

 

Runner-Up

SMKN 1 Singosari

Politeknik Negeri Samarinda

 

Kategori Presentasi Inovasi

SMKN 1 Balikpapan

Politeknik Negeri Banjarmasin

 

Kategori Pengetahuan Teknik

SMKN 1 Singosari

Politeknik Negeri Samarinda

 

Kategori Keterampilan Teknik

SMKN 1 Balikpapan

Politeknik Negeri Banjarmasin

banner-halaman
BANNER-WEB-picsay