Page Nav

SHOW

Post Meta

SHOW

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

PLN-picsay

Tinggalkan Indonesia, Ivan Gunawan Bakal Lanjut Kuliah di Eropa

Ivan Gunawan. Foto-net


SUARAMILENIAL.ID, JAKARTA - Setelah menyatakan diri meninggalkan Indonesia, Desainer Ivan Gunawan bakal melanjutkan kuliah di Eropa.

Ia akan melanjutkan studi di bidang fesyen. 

Meski begitu, Ivan masih membuka peluang untuk kembali ke Indonesia.

"Rencananya [ambil kuliah]. Mau ambil fesyen dong, masa ambil dokter?" ujar Ivan Gunawan seperti diberitakan detikcom pada Kamis (25/1).

Meski bersemangat untuk melanjutkan studi, desainer yang akrab disapa Igun itu mengaku belum menentukan rencana pastinya ketika sudah meninggalkan Indonesia.

Ivan mengungkap telah memproyeksikan area tempat tinggal bagi dirinya di luar Indonesia. 

Ia pun telah menetapkan dua negara di Eropa Barat sebagai jujukan utamanya, yakni Jerman dan Prancis.

"Baru rencana mau cari tempat tinggal, apakah mau kuliah, apakah mau... enggak ngerti sih," kata Ivan.

"Pokoknya berapa bulan nanti. Ya kalau bisa betah, mungkin for good di sana. Tapi kalau enggak, ya balik lagi ke sini," sambungnya. "Rencananya kalau enggak ke Jerman, ke Paris (Prancis),"

Desainer yang akrab disapa Igun itu mengaku keputusan meninggalkan Indonesia adalah upaya dirinya mencoba peruntungan baru.

"Saya lagi mencoba peruntungan untuk mencari tempat tinggal baru, yang kira-kira saya bisa mendapatkan kenyamanan, bisa membuat saya lebih kreatif dan enggak terhalang apa pun," ujar Ivan Gunawan.

Igun juga memastikan akan tetap menyambangi Indonesia secara berkala. 

Sebab, ia mengaku masih mendapatkan tawaran syuting dari beberapa stasiun televisi.

Selain itu, Ivan juga mengaku sedang membangun yayasan yatim piatu dan rumah tahfiz Alquran di bilangan Depok, Jawa Barat, sehingga ia tetap perlu untuk terlibat langsung dalam proyek dan urusannya di Indonesia.

"Ya doain saja, jadi aku bisa terus global ya. Aku harus keluar ya, dengan step by step yang aku lakukan," ujar Ivan.

Ivan sebelumnya mengumumkan pamit meninggalkan Indonesia. Dalam posting yang diunggah melalui akun TikTok, Senin (22/1), Ivan mengaku tidak sabar menantikan momen tersebut.

"Enggak sabar deh minggu depan aku udah enggak di Indonesia lagi, aku akan meninggalkan Indonesia," ujar Ivan Gunawan. "Jadi buat kalian jangan kangen sama aku ya. Kalian masih bisa lihat aku di TikTok, di Instagram." (sb)

banner-halaman
BANNER-WEB-picsay