Page Nav

SHOW

Post Meta

SHOW

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

PLN-picsay

Kisah Sukses Pemuda Kalsel Owners Amartha Corp di Tanah Rantau

Owners Amartha Corp, Ikhwanus Sofa. Foto-Istimewa

SUARAMILENIAL.ID, BANJARMASIN - Seorang pemuda asal Kalimantan Selatan, Ikhwanus Sofa sukses membangun bisnis di Surabaya, Jawa Timur (Jatim).


Ia berhasil mendirikan perusahaan Holding bernama Amartha Corp di tanah rantau. 


Meski begitu, perjalanannya meraih kesuksesan tak semudah membalikkan telapak tangan. 


Jatuh bangun pun acap kali dirasakan. 


Maklum, ia hanya berasal dari keluarga kelas menengah. 


“Sejak kecil saya hidup dari didikan keluarga yang menjunjung tinggi komitmen, kejujuran dan selalu berusaha belajar untuk membahagiakan orang lain. Hingga saat ini selalu saya pegang teguh prinsip dari didikan keluarga saya tersebut,” ucap Sofa kepada SUARAMILENIAL.ID, Kamis (22/2). 


Pada 2005-2006 keadaan ekonomi keluarganya memburuk. Ia sempat meneruskan ke bangku perkuliahan di salah satu perguruan tinggi swasta di Banjarmasin. 


“Namun karena keadaan ekonomi, pada awal 2008 saya putus kuliah, dan memutuskan untuk mencoba bermacam usaha di Banjarmasin guna mengisi waktu serta mencari jalan hidup baru,” kenangnya. 


Ada berbagai macam usaha yang pernah digelutinya, dari kerja di perusahaan, berjualan makanan, hingga berdagang pakaian.


“Namun tak ada satupun yang berhasil dan cocok buat saya. Sehingga walaupun saya waktu itu masih muda dan masih minim pengalaman, saya memutuskan untuk merantau ke Surabaya pada awal 2009. Kala itu saya mendapat tawaran untuk menjadi karyawan di sebuah perusahaan ekspedisi milik keluarga,” katanya.


“Setelah berjuang sejak 2009 di tanah rantau, dari menjadi tally di pelabuhan, pengurusan dokumen pemuatan dan pengawas bongkar muat. Saya akhirnya banyak mendapatkan teman hingga relasi yang akhirnya pelan-pelan membuat saya berani berusaha secara mandiri di bidang logistik. Alhamdulillah semakin berkembang dari tahun ke tahun yang akhirnya menjadi core business saya,” lanjutnya.


Selain usaha di bidang logistik, dirinya juga mempunyai beberapa lini usaha di bidang lain.


Di antaranya bidang penyedia jasa trucking dan trailer, jasa IT dan media, pabrik produksi pupuk, importir barang teknik, trading batu bara, produsen produk kecantikan dan lini food and beverage. 


“Pada akhirnya guna memaksimalkan seluruh usaha saya tersebut, pada 2020 saya mendirikan sebuah perusahaan holding yang bernama Amartha Corp,” ungkapnya.


Ia berharap semua lini bisnis ini bisa membawa manfaat bagi orang banyak.


Hal itu sesuai dengan namanya Amartha yang berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti air kehidupan yang kekal atau abadi. 


“Saya sadar bahwa semua yang saya capai tidak lepas dari dukungan dan bimbingan orang tua, keluarga, guru dan banyak teman. Tentunya rezeki besar dari Tuhan Yang Maha Esa,” tutupnya.


Reporter : Tim Redaksi

Editor      : Muhammad Robby

BANNER-WEB-picsay