Page Nav

SHOW

Post Meta

SHOW

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

PLN-picsay

Demi Ladeni Vietnam! Ragnar, Paes dan Haye Bakal Disumpah Jadi WNI pada 13 Maret

Tom Haye dan Jay Idzes. Foto-PSSI

SUARAMILENIAL.ID, BANJARMASIN - Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali mengatakan naturalisasi Ragnar Oratmangoen, Maarten Paes, dan Thom Haye dikebut agar bisa diambil sumpah pada 13 Maret 2024.

Dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi X di Gedung Nusantara I, Kamis (7/3), Amali berharap ketiganya segera bisa disumpah menjadi WNI.


“Jadi begini, kalau ini semua proses administrasi [naturalisasi] selesai, kemudian DPR akan kirim ke Setneg [Sekretariat Negara], di situ akan keluar surat Keppres,” ucap Amali dilansir CNN Indonesia. 


“Dari situ proses berikutnya penyumpahan. Yang memungkinkan itu tanggal 12, karena mereka hanya bisa datang tanggal 11 dan itu tidak bisa lama karena mereka masih kompetisi,” sambungnya.


Ia menjelaskan, proses naturalisasi ini dipercepat agar ketiga pemain bisa bisa memperkuat Timnas Indonesia melawan Vietnam dalam lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026.


Pertandingan ini akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada 21 Maret. 


Setelah itu, Indonesia akan tandang ke Stadion My Dinh, Hanoi pada 26 Maret.


“Kan awalnya itu 13 [rapat dengar pendapat di DPR], kita minta untuk dipercepat sehingga keburu untuk didaftarkan paspornya di lawan Vietnam,” jelas Amali.


“Kita berharap begitu [bisa main lawan Vietnam]. Kan ini bagaimana FIFA segera menyetujui mereka, kalau di FIFA lama juga itu, tapi dengan pak Erick saya yakin komunikasinya bagus,” lanjutnya.


Ia menjelaskan, proses naturalisasi Ragnar, Paes, dan Haye tidak lagi menunggu diputuskan dalam sidang Paripurna DPR RI. 


Pasalnya proses ketiganya sudah disetujui.


“Hari ini kan ke komisi III dan X. Itu selesai. Kemudian tinggal dikirim ke Setneg, lalu diproses Setneg, tinggal dilaporkan aja di Paripurna. Kan beda dengan pemilihan kapolri dan lain-lain,” pungkasnya.


Reporter : Newswire

Editor      : Muhammad Robby

BANNER-WEB-picsay