Page Nav

SHOW

Post Meta

SHOW

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

PLN-picsay

Respons ESDM soal Prilly Latuconsina Pakai LPG 3 Kg: Itu Hak yang Kurang Mampu

Prilly Latuconsina kedapatan memakai LPG 3 kilogram untuk memasak. Foto-Istimewa

SUARAMILENIAL.ID, JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) merespons kasus viral aksi artis Prilly Latuconsina kedapatan memakai LPG 3 kilogram untuk memasak. 

ESDM pun menegaskan bahwa LPG 3 kg merupakan hak masyarakat yang kurang mampu.

"Janganlah seperti itu. Itu adalah hak orang yang kurang mampu. Jadi, ya merasa lah bahwa ini bukan saya, bukan hak saya beli. Kan nggak boleh, bukan haknya. Ini hak orang lain," ucap Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) ESDM, Tutuka Ariadji Selasa (16/4).

Oleh sebab itu, Kementerian ESDM pun bakal mengajukan revisi aturan pembelian LPG 3 kg. 

Adapun aturan yang akan direvisi tersebut adalah Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 104 Tahun 2007 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Penempatan Harga Liquefied Petroleum Gas Tabung 3 Kilogram.

Tutuka menyebut langkah tersebut dilakukan agar penyaluran gas melon bisa tepat sasaran.

"Kami akan mengajukan revisi Perpres 104. Nanti akan ada detil berapa yang boleh membeli. Nah, di luar itu tidak bisa membeli," katanya.

Tak hanya itu, Tutuka mengatakan saat ini pemerintah juga terus menjalankan aturan mewajibkan masyarakat yang ingin membeli LPG 3 kg memakai kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK).

Ia pun mencatat saat ini sudah ada 161 NIK yang mendaftar untuk dapat menerima gas LPG 3 kg.

Di sisi lain, Tutuka mengatakan pihaknya tidak bisa memberikan sanksi bagi Prilly yang malah mengkonsumsi gas LPG 3 kg. Pasalnya, yang bisa memberikan sanksi adalah aparat berwenang.

"Kami di ESDM kan, tangan aparat untuk menjatuhkan sanksi itu kan ya katakanlah minim atau tidak ada, nanti kita minta bantuan aparat lain, yang bisa dilakukan (ESDM) preventif, (nanti jadi yang bersangkutan) tidak bisa membeli," jelas Tutuka.

Prilly Latuconsina tengah menjadi sorotan karena kedapatan menggunakan LPG 3 kg untuk memasak saat Lebaran. Aksinya itu ramai dikritik oleh netizen.

Lewat unggahan di Instagram, Prilly membeberkan asal usul tabung gas subsidi bisa ada di rumahnya dan ia gunakan saat memasak jelang Lebaran 2024.

Respons tersebut diberikan karena ada warganet menudingnya berusaha sembunyikan tabung gas melon itu di balik tas belanja cokelat.

"Tidak ada niatan menyembunyikan atau apa pun karenanya memang berada di belakang tas belanja. Aku pun enggak ngeuh," pengakuannya.

Di akhir posting, Prilly Latuconsina pun meminta maaf dan mengucapkan selamat Lebaran 2024.

Reporter : Newswire

Editor : Muhammad Robby

BANNER-WEB-picsay