9 Klub Indonesia Lolos Lisensi AFC Musim 2023/2024, Termasuk Tetangga Barito Putera!

Borneo FC. Foto-Istimewa

SUARAMILENIAL.ID, JAKARTA - Sebanyak sembilan klub Indonesia dinyatakan lolos lisensi klub Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) musim 2023/2024, Rabu (15/5).


Hasil lisensi tersebut berasarkan rapat Komite Lisensi Klub atau Club Licensing Committee PSSI. 


Rapat itu dipimpin Ketua Komite Lisensi, Timmy Setiawan dengan anggota Yakub Adi Krisanto, Asep Saputra, M. Hanafing Ibrahim, dan Juninho Widjaja.


Dikutip dari situs PSSI, pada musim 2023/2024 terdapat total 51 klub dari Liga 1 dan Liga 2 yang mengikuti lisensi klub ini.


Sebanyak 18 klub dari Liga 1 dan 23 klub Liga 2 yang mengajukan permohonan lisensi kepada Departemen Lisensi Klub PSSI pada pertengahan tahun lalu.


Meski begitu, dari 51 klub tersebut, hanya sembilan klub yang memenuhi dokumen masuk ke dalam sistem Club Licensing Administration System (CLAS).


Kesembilan klub yang mendapatkan lisensi AFC adalah Bali United FC, Borneo FC Samarinda, Persik Kediri, Madura United FC, Persebaya Surabaya, Persib Bandung, dan Persija Jakarta.


Dari sembilan klub itu, Bali United, Borneo FC, dan Persik dinyatakan lulus 100 persen, sedangkan Madura United, Persebaya, Persib, dan Persija lulus dengan syarat.


Selama periode 2023/2024, Departemen Lisensi Klub PSSI mengadakan tiga kali seminar atau workshop. 


Pertama, Club Licensing Educational Programme dengan tema Security Officer Workshop pada 6-8 September 2023 di Surabaya


Kedua, ⁠Club Licensing Annual Seminar pada 11-13 Desember 2023 di Jakarta, dan ketiga, ⁠Club Licensing Eduational Programme dengan tema Player Status pada 11-13 Desember 2023 di Jakarta.


Tidak hanya seminar, PSSI juga aktif memberikan asistensi kepada klub-klub dalam memenuhi tujuan pemberian lisensi klub ini.


"Pertama, komite berterima kasih untuk Club Licensing Department yang telah menyelesaikan musim lisensi 2023/2024 dengan sangat baik. Memberikan edukasi dalam bentuk asistensi ke klub, baik kunjungan dan online, bahkan seminar atau workshop," kata Timmy.


"Kedua, komite berterima kasih kepada klub-klub yang telah berupaya untuk memenuhi kriteria yang ada. Ketiga, secara kolektif kolegial, komite telah memutuskan hasil lisensi klub musim 2023/2024 yang hasilnya nanti akan kami laporkan kepada Ketua Umum PSSI dan Komite Eksekutif PSSI, " ucap Timmy menambahkan.


Terkait keputusan pemberian lisensi klub AFC ini, PSSI membuka kesempatan kepada klub-klub guna mengajukan banding sampai Kamis (23/5).


Hasil Rapat Komite Lisensi Klub Musim 2023/2024:


Regulasi AFC Champions League 2 :


Lolos: Bali United, Borneo FC Samarinda dan Persik Kediri


Lolos dengan syarat: Madura United, Persebaya Surabaya, Persib Bandung dan Persija Jakarta


Regulasi AFC Challenge League:


Lolos: Bali United FC, Borneo FC, Madura United, Persebaya Surabaya, Persib Bandung, Persija Jakarta, PSIS Semarang, Persik Kediri, dan Rans Nusantara


Regulasi Liga 1:


Lolos: Bali United, Bhayangkara FC, Borneo FC, Madura United, Persebaya Surabaya, Persib Bandung, Persija Jakarta, Persik Kediri, PSIS Semarang dan Rans Nusantara


Regulasi Liga 2 :


Lolos dengan syarat: Deltras FC


Reporter : Newswire

Editor      : Muhammad Robby 

Lebih baru Lebih lama