Kombes Pol Sabana Pindah Tugas, Tokoh Agama hingga Ormas Banjarmasin Merasa Kehilangan!

Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana Atmojo Martosumito pindah tugas menjadi Direktur Samapta Polda Sulawesi Utara (Sulut). Foto-Amrullah/SUARAMILENIAL

SUARAMILENIAL.ID, BANJARMASIN - Setelah hampir 5 tahun, Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana Atmojo Martosumito pindah tugas menjadi Direktur Samapta Polda Sulawesi Utara (Sulut).


Dengan pindahnya Kombes Pol Sabana, sejumlah tokoh agama hingga organisasi masyarakat (ormas) di Banjarmasin merasa kehilangan.


Salah satunya adalah Ustaz Muhammad Rijal Fathoni. 


Menurutnya, Kombes Pol Sabana merupakan sosok sungguh-sungguh dan bertanggung jawab.


“Secara personal beliau orang yang membuka diri dalam bergaul, tidak memandang tinggi rendah kasta dan jabatan, loyal dalam menerima keluhan dan siap membantu mereka yang membutuhkan,” ucap Ustaz Muhammad Rijal Fathoni, Sabtu (28/6).


Hal itu, kata dia, terbukti dengan nomor  handphone Kombes Pol Sabana yang dibagikan kepada masyarakat untuk bisa memberikan informasi atau melaporkan tindak pidana.


Selain itu, alumni Akpol 1999 itu juga disebut memiliki perhatian kepada para habaib dan ulama. 


Buktinya, Kombes Pol Sabana kerap melibatkan ulama dan habaib di berbagai kegiatan. 


Kepergian Kombes Pol Sabana ini, menurut dia, bakal membuat banyak orang kehilangan. Bukan hanya kawan, namun juga masyarakat Banjarmasin.


“Karena beliau ini di Polresta Banjarmasin terhitung paling lama. Selama 2 tahun menjabat sebagai Wakapolresta Banjarmasin. Kemudian dipromosikan menjadi Kapolresta Banjarmasin kurang lebih selama 2,7 tahun. Jadi hampir 5 tahun beliau di Polresta Banjarmasin. Itulah yang menjadikan sosok beliau begitu melekat di hati masyarakat,” ungkapnya.


“Ditambah lagi beliau adalah sosok yang dermawan. Banyak masyarakat yang dibantu beliau. Saya pribadi menjadi jembatan untuk menyalurkan bantuan. Misalnya memberi santunan kepada fakir miskin dan anak yatim. Tentu akan banyak yang merasa kehilangan,”sambungnya.


Sementara itu, hal senada juga diungkapkan Pengurus Barisan Pertahanan Adat Dayak (Batamad), Rodi Djohan. 


Ia menuturkan, Kombes Pol Sabana merupakan sosok pengayom yang merangkul banyak kalangan untuk berkomitmen menjaga kondusifitas Banjarmasin.


“Sepengetahuan saya beliau adalah kapolresta yang dekat dengan sejumlah ormas adat seperti Batamad, Laung Kuning, Pasukan Merah dan sebagainya. Beliau merangkul dan melibatkan kami dalam berbagai kegiatan,” tambahnya.


Sehingga ketika terjadi permasalahan di masyarakat, banyak pihak dirangkul demi menuju perdamaian.


“Semoga sukses di tempat baru dan kariernya semakin cemerlang,” pungkasnya.


Reporter : Amrullah

Editor      : Muhammad Robby

Lebih baru Lebih lama