Preview Kualifikasi Piala Dunia Indonesia Vs Filipina

Timnas Inndonesia. Foto-net

SUARAMILENIAL.ID, JAKARTA - Tim nasional sepak bola putra Indonesia akan menghadapi Filipina dalam laga pamungkas Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (11/6) pukul 19.30 WIB. 

Kemenangan akan membawa Indonesia melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 sekaligus satu tempat di Piala Asia 2027.

"Di grup kita saat ini, memang yang kemungkinan lolos hanya Irak, Vietnam, dan Indonesia. Irak sudah lolos dan Indonesia punya lebih besar peluang lolos ke ronde ketiga dibanding Vietnam, apalagi kita main di kandang," ucap Pelatih Indonesia Shin Tae-yong, Senin (10/6).

Sejatinya, Indonesia bisa memastikan diri lolos lebih cepat jika mengatasi Irak di SUGBK, Jakarta, Kamis (6/6). Tapi Garuda takluk 0-2 dari Singa Mesopotamia dalam laga yang dipadati lebih dari 60 ribu penonton di SUGBK.

"Sebenarnya di laga melawan Irak pun komposisi permainan kita tidak kalah jauh dibanding Irak. Saya tidak khawatir jelang pertandingan besok karena kita pasti bisa mendapat tiket ronde ketiga," kata STY sebagaimana dikutip detik.com.

Saat ini, Indonesia menduduki peringkat kedua klasemen Grup F dengan raihan tujuh poin. 

Irak di puncak dengan 15 poin, Vietnam tempat ketiga dengan enam angka, dan Filipina di posisi buncit dengan 1 angka.

Indonesia sebenarnya bisa cuma meraih hasil imbang kontra Filipina sambil berharap Vietnam tidak menang melawan Irak. Namun bergantung ke tim atau laga lain akan sangat beresiko.

"Saya sudah menganalisis dengan menonton pertandingan Vietnam melawan Filipina. Memang di tempat ini ya saya tidak bisa bicara bagaimana hasil analisis lawan dan bagaimana kami akan mengantisipasinya," tutur STY.

"Tetapi, yang penting tidak perlu khawatir karena analisis kami sudah selesai soal tim ini seperti apa," lanjut pelatih asal Korea Selatan itu.

Di sisi lain, Pelatih Filipina Tom Saintfiet angkat topi ke Timnas Indonesia. Baginya, Skuad Garuda sudah berkembang pesat apalagi dalam setahun terakhir!

"Mereka punya banyak pemain baru dan skuadnya makin kuat," katanya saat memberikan keterangan di SUGBK, Jakarta, Senin (10/6).

"Saya pun sebenarnya sudah lama memantau Indonesia. Kualitasnya memang makin bagus dan salah satu yang terkuat," sambungnya seperti dilansir detik.com.

Saintfiet baru ditunjuk jadi pelatih Timnas Filipina pada Februari lalu. The Azkals dibawanya kalah 2-3 dari Vietnam, tapi setidaknya bisa memberikan perlawanan ketat.

Saintfiet pun tidak punya target muluk-muluk untuk hadapi Timnas Indonesia nanti. Baginya, Skuad Garuda jadi yang favorit, tapi ingat, bola itu bundar yang artinya segala kemungkinan bisa terjadi.

"Saya respek dengan Indonesia. Mereka favoritnya. Kami sudah kompetitif lawan Vietnam, maka hasilnya nanti jika seri dengan Indonesia itu fantastis dan kalau kami menang itu adalah keajaiban," tutup Saintfiet yang pernah melatih enam timnas di Afrika.

Reporter : Newswire

Editor : Muhammad Robby

Lebih baru Lebih lama