CIMB Niaga menggelar Media Gathering di Banjarmasin. Foto-Muhammad Robby/ SUARAMILENIAL |
SUARAMILENIAL.ID, BANJARMASIN - Dalam rangka menyambut hari ulang tahun (HUT) ke-69 pada 26 September 2024, PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menyelenggarakan Silaturahmi dan Media Gathering di Banjarmasin, pada Selasa (24/9/).
Dalam acara ini, CIMB Niaga menyampaikan perkembangan kinerja semester pertama 2024 dan berbagai inisiatif untuk mengoptimalkan customer experience melalui Work From Heart (WFH).
Hal ini dilakukan antara lain dengan memberikan layanan perbankan yang komprehensif, baik melalui kantor cabang maupun kanal digital.
Di Kalimantan Selatan, CIMB Niaga hadir melalui 2 kantor cabang yang berlokasi Jalan Ahmad Yani, Loktabat Utara, Banjarbaru dan Jalan Pangeran Samudera, Banjarmasin, serta didukung 8 mesin ATM/CRM yang tersebar di sejumlah titik.
Untuk melengkapi layanan yang diberikan melalui kantor cabang, CIMB Niaga mengoptimalkan layanan berbasis digital.
Melalui layanan ini, nasabah dapat melakukan berbagai aktivitas perbankan dan finansial secara praktis dan fleksibel dari mana saja dan kapan saja, dengan memanfaatkan berbagai platform digital sesuai preferensi dan kebutuhannya.
Di antaranya aplikasi digital banking OCTO Mobile dan internet banking OCTO Clicks untuk membuka tabungan, transaksi sehari-hari, mengajukan pinjaman, hingga berinvestasi melalui fitur #GetWealthSoon.
Adapun para nasabah bisnis dapat merasakan kemudahan dari layanan digital CIMB Niaga melalui BizChannel@CIMB, yang membuat berbagai transaksi bisnis menjadi lebih teratur dan efisien.
Bagi nasabah merchant atau pemilik toko, CIMB Niaga juga menyediakan aplikasi OCTO Merchant, sehingga transaksi jual beli menjadi lebih praktis dan efisien.
Head of Region Jakarta A dan Kalimantan CIMB Niaga, Evita Barliana mengatakan Banjarmasin merupakan pusat perekonomian di Kalimantan Selatan yang terus berkembang.
Karena itu, CIMB Niaga menghadirkan sejumlah inisiatif untuk melayani nasabah dan mendukung kemajuan Banjarmasin yang sedang memperingati HUT ke-498.
Di antaranya mengadakan acara Ngobrolin Biznis (Ngobiz) bertema “Strategi Optimalisasi Bisnis dan Pengelolaan Pajak yang Efektif”, untuk mengajak para pelaku usaha di Banjarmasin lebih memahami berbagai aturan perpajakan terkini.
Sebelumnya, CIMB Niaga juga menyelenggarakan Kejar Mimpi Talks bertema “Membangun Personal Branding yang Kuat Melalui Sentuhan Hyperlocal”, yang diikuti mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat.
Selain itu, untuk memperkuat kolaborasi dengan komunitas di bidang layanan perbankan Haji dan Umrah di Banjarmasin, CIMB Niaga melalui Unit Usaha Syariah (CIMB Niaga Syariah) juga menjalin kerja sama dengan Forum Komunikasi Penyelenggara Travel Umrah dan Haji (FK PATUH).
“Dengan semangat Work From Heart, kami siap melayani nasabah serta pelaku usaha di Banjarmasin dan sekitarnya dengan sepenuh hati melalui layanan CIMB Niaga yang lengkap, baik jaringan kantor cabang fisik yang didukung SDM ramah dan profesional, maupun layanan berbasis digital. Kami berharap dukungan layanan tersebut dan beragam inisiatif yang kami selenggarakan dapat meningkatkan customer experience masyarakat Banjarmasin, sehingga dapat mewujudkan impian dan aspirasinya,” ucap Evita di Banjarmasin, Selasa (24/9) siang.
Acara Media Gathering di Banjarmasin juga sejalan dengan semangat The Cooler Earth Sustainability Series, yaitu misi CIMB Niaga dalam memobilisasi komitmen dan tindakan kolektif untuk membentuk masyarakat yang bertanggung jawab dan bumi yang lebih lestari.
Corporate Communications Head CIMB Niaga, Hery Kurniawan menyatakan CIMB Niaga terus konsisten dalam mendorong praktik bisnis yang lebih bertanggung jawab sesuai prinsip Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (ESG).
Pada semester I 2024, hampir 26% dari total pembiayaan Bank (atau setara dengan Rp56,4 triliun) mendukung transisi yang berkelanjutan menuju ekonomi rendah karbon, Perjanjian Paris, dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG).
“Hal ini merupakan bukti komitmen CIMB Niaga untuk tidak sekadar mengejar profit, namun juga berkontribusi menjaga kelestarian lingkungan dan bumi untuk generasi mendatang, sejalan dengan pesan keberlanjutan CIMB Niaga #SekarangUntukMasaDepan,” kata Hery.
Raih Kinerja Positif pada Semester I 2024
Beragam inisiatif dan kemudahan layanan yang diberikan CIMB Niaga termasuk di Banjarmasin, baik melalui kantor cabang maupun kanal digital, turut berkontribusi terhadap pertumbuhan kinerja CIMB Niaga secara nasional.
Pada semester pertama 2024, CIMB Niaga melaporkan perolehan laba sebelum pajak konsolidasi (unaudited) sebesar Rp4,4 triliun pada semester pertama 2024 (1H24), naik sebesar 5,8% year-on-year (Y-o-Y).
“Kinerja positif kami pada semester pertama tahun ini didorong oleh pertumbuhan aset produktif, pengelolaan efisiensi operasional, serta pencadangan yang baik. Kami terus menjaga kualitas aset secara efektif dengan mempertahankan rasio gross non-performing loan (NPL) sebesar 2,1%, di bawah rata-rata industri. Kami optimis bisa meraih hasil yang baik di sisa tahun 2024, sejalan dengan strategi jangka panjang yang telah kami tetapkan,” ujar Evita.
Total Dana Pihak Ketiga (DPK) meningkat menjadi Rp249,8 triliun (+6,0% Y-o-Y), dikontribusikan dari pertumbuhan current account and savings account (CASA) sebesar 7,4% Y-o-Y menjadi Rp162,9 triliun.
Hal ini merupakan hasil upaya Bank untuk membina hubungan nasabah yang lebih erat dan meningkatkan pengalaman nasabah secara keseluruhan melalui layanan digital, yang berkontribusi terhadap rasio CASA menjadi sebesar 65,2%.
Jumlah kredit/pembiayaan naik 5,9% Y-o-Y menjadi Rp217,1 triliun, terutama berasal dari pertumbuhan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang naik 10,0% Y-o-Y, dan Perbankan Konsumer yang tumbuh 5,8% Y-o-Y.
Kenaikan tertinggi di kredit/pembiayaan retail terutama dikontribusikan dari pertumbuhan Kredit Pemilikan Mobil (KPM) yang meningkat sebesar 13,1% Y-o-Y.
Di perbankan Syariah, CIMB Niaga Syariah berhasil mempertahankan posisinya sebagai UUS terbesar di Indonesia, dengan total pembiayaan Rp58,1 triliun (+11,6% Y-o-Y) dan DPK sebesar Rp48,1 triliun (+8,1% Y-o-Y) per 30 Juni 2024.
Pertumbuhan pembiayaan signifikan tersebut sebagian besar dikontribusi oleh segmen ritel.
CIMB Niaga Syariah tetap fokus pada peningkatan komposisi pendanaan, khususnya pendanaan murah dengan terus mengembangkan jaringan komunitas.
Adapun sebagai bagian dari corporate citizenship, CIMB Niaga juga memiliki perhatian besar kepada kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.
Oleh karenanya, Perseroan bekerja sama dengan United Nations Children's Fund (UNICEF) mendukung upaya Pemerintah dalam mencegah dan mengurangi masalah gizi buruk dan stunting di Indonesia, khususnya di Nusa Tenggara Timur.
Tentang CIMB Niaga
CIMB Niaga adalah bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia yang didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955.
Sekitar 92,5% saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group.
CIMB Niaga menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap baik konvensional maupun Syariah meliputi segmen usaha Consumer Banking, Emerging Business Banking (EBB)/Small Medium Enterprise (SME), Commercial Banking, dan Corporate Banking didukung kapabilitas Treasury dan Capital Market, serta digital banking terdepan melalui OCTO Mobile, OCTO Clicks, OCTO Pay (e-money), BizChannel@CIMB, dan BizChannel@CIMB Mobile.
Mengusung brand promise Kejar Mimpi, CIMB Niaga berkomitmen menjadi partner terbaik dan Bank of Choice bagi seluruh segmen masyarakat dalam mewujudkan mimpi-mimpinya.
Sebagai bank yang peduli dengan bumi dan generasi masa depan, CIMB Niaga konsisten mengimplementasikan keberlanjutan (sustainability) dalam menjalankan usahanya melalui sinergi aspek lingkungan hidup, ekonomi, sosial dan tata kelola ke dalam proses perbankan.
Dengan semangat Work From Heart, CIMB Niaga terus memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah.
Per 30 Juni 2024, layanan CIMB Niaga didukung dengan 11.971 karyawan (konsolidasi), 403 kantor cabang dan jaringan (termasuk 35 digital lounges), 3.620 ATM, serta 708.340 EDC, QR, dan e-Commerce yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.
CIMB merupakan salah satu kelompok usaha perbankan terkemuka di ASEAN sekaligus perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia.
Saham tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad, kelompok usaha ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang mencapai USD15,4 miliar per 30 Juni 2024.
Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, komersial, wholesale, transaction banking, Syariah,serta pengelolaan aset dan asuransi.
CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di 8 negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Singapura, Thailand, Kamboja, Vietnam, Myanmar, dan Filipina).
Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, dan Inggris.
Reporter : Newswire
Editor : Muhammad Robby