Page Nav

SHOW

Post Meta

SHOW

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

PLN-picsay

Film Dokumenter The Beatles Let It Be Bakal Tayang 8 Mei 2024

The Beatles. Foto-Reuters

SUARAMILENIAL.ID, JAKARTA - Film dokumenter Let It Be milik The Beatles yang diproduksi pada 1970 dijadwalkan rilis pada 8 Mei 2024. 


Film dokumenter itu akan tayang usai direstorasi untuk pertama kali dalam puluhan tahun.


Kabar perilisan dokumenter itu diumumkan akun media sosial The Beatles. 


Dalam pengumuman itu, dokumenter Let It Be dipastikan akan tayang di layanan streaming Disney+.


"Akhirnya... Saksikan The Beatles dalam film 1970, Let It Be, yang direstorasi sepenuhnya untuk pertama kali, tayang pada 8 Mei," tulis akun resmi Instagram @thebeatles pada Selasa (16/4).


Let It Be merupakan film dokumenter tentang The Beatles yang pernah dirilis pada 1970. Film itu diarahkan sutradara Michael Lindsay-Hogg.


Dokumenter itu menampilkan perjalanan para personel saat latihan hingga rekaman lagu untuk album studio ke-12 sekaligus terakhir The Beatles berjudul Let It Be. Rekaman itu dilakukan pada Januari 1969.


Film dokumenter itu juga menyuguhkan rekaman konser rooftop The Beatles yang diketahui menjadi penampilan terakhir keempat personel bersama-sama sebagai grup band.


Dokumenter itu semula direncanakan sebagai film dokumenter yang disiarkan di televisi. Namun, rencana itu batal sehingga proyek itu diproduksi menjadi film layar lebar.


Namun, film tersebut kemudian "menghilang" karena tak tersedia secara resmi sejak 1980-an. 


Dokumenter Let It Be kemudian beredar secara ilegal dalam format salinan bajakan.


Film dokumenter Let It Be juga sempat akan dirilis dalam format DVD hingga Blu-ray, tetapi wacana itu juga tak kunjung terwujud.


Hingga akhirnya, Peter Jackson mendapatkan akses untuk merestorasi dokumenter tersebut. Proses restorasi dilakukan oleh perusahaan milik sang sutradara bernama Park Road Post Production.


Perusahaan produksi itu merestorasi Let It Be menggunakan teknologi yang sama ketika mereka memproduksi serial dokumenter The Beatles: Get Back dari rekaman lawas band Inggris tersebut.


Film dokumenter Let It Be bukan satu-satunya karya The Beatles yang dirilis puluhan tahun setelah digarap. 


Band itu sebelumnya juga meluncurkan lagu terakhir mereka berjudul Now And Then pada 2 November 2023.


Lagu itu sempat direkam oleh John Lennon, Paul McCartney, George Harrison, dan Ringo Starr, tetapi belum pernah dirilis sejak The Beatles bubar.


Reporter: Newswire

Editor     : Muhammad Robby


banner-halaman
BANNER-WEB-picsay