Page Nav

SHOW

Post Meta

SHOW

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

PLN-picsay

Komunitas di Banjarmasin Ini Jadikan Ramadhan Heppiii untuk Kembangkan UMKM di Desa

Karang taruna (karta) yang tergabung dalam Desa Heppiii Community Banjarmasin menggelar kegiatan Ramadhan Heppiii. Foto-Istimewa

SUARAMILENIAL.ID, BANJARMASIN - Karang taruna (karta) yang tergabung dalam Desa Heppiii Community Banjarmasin menggelar kegiatan Ramadhan Heppiii dengan berbagai kegiatan keagamaan dan sosial. 


Karta juga memberikan edukasi kepada warga desa soal Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).


Koordinator Heppiii Community Banjarmasin, Saldinor, mengatakan ada dua karta yang menggelar kegiatan Ramadhan Heppiii, yakni Karta Tunas Muda Landasan Ulin Utara dan Himpunan Muda Karang Anyar (HPKA). 


Dua karta ini cukup aktif melakukan berbagai kegiatan keagamaan di bulan puasa ini.


"Jadi dengan adanya Ramadhan Heppiii ini mereka ingin memberikan edukasi kepada warga desa untuk lebih bisa menggali usaha kemandirian, seperti pengembangan UMKM, pembudidayaan ikan, serta pengembangan tanaman hidroponik," jelasnya pada Minggu (7/4).


Kegiatan edukasi ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan warga dalam budidaya seperti belut. 


Terlebih belut memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan mudah dibudidayakan. 


"Karta Heppiii Community ingin memberikan edukasi kepada warga agar mereka dapat memanfaatkan peluang usaha," jelasnya.


Edukasi ini dilakukan menyesuaikan kebutuhan warga saat ini yang banyak bergelut juga di bidang pertanian maupun peternakan.


"Karta mengusulkan lebih ke kebutuhan mereka dalam penunjang program-program mereka, misal dari dari karta Tunas Muda Landasan Ulin, mereka menginginkan medapatkan bibit ikan belut yang lebih mudah dan murah," ulasnya.


Selain di Banjarmasin, kegiatan Ramadhan Heppiii juga serentak dilaksanakan di puluhan kabupaten kota di Jawa Tengah, Jawa Timur, serta daerah Kalimantan seperti di Pangkalan Bun dan kota lainnya.


Kegiatan Ramadhan Heppiii ini fokus dalam pembangunan desa, dalam waktu bersamaan juga digelar kegiatan Heppiii Ngabuburit yang lokasinya dipusatkan di area perkotaan. 


Kegiatan Heppiii Ngabuburit ini melibatkan komunitas anak-anak muda urban Heppiii Community seperti extreme sport, BMX, skate board, mural, musik hiphop, dan lain-lain.


Ada juga kegiatan lain yakni Safari Ramadhan yang diikuti oleh karta serta komunitas anak muda dan warga sekitar. 


Reporter : Newswire

Editor      : Muhammad Robby 

banner-halaman
BANNER-WEB-picsay