![]() |
BRI RO Banjarmasin mengingatkan masyarakat modus penipuan baru dengan bukti transfer palsu. Foto-Istimewa |
SUARAMILENIAL.ID, BANJARMASIN - BRI RO Banjarmasin mengingatkan masyarakat modus penipuan baru dengan bukti transfer palsu.
BRI mengimbau seluruh masyarakat, termasuk mitra Agen BRILink dan pelaku usaha, untuk lebih teliti dalam memverifikasi transaksi yang masuk ke rekening.
“Serta tidak hanya mengandalkan bukti transfer dalam bentuk foto atau screenshot sebagai dasar penyerahan barang atau uang,” ucap Regional CEO BRI RO Banjarmasin, Novian Supriatno.
Ia mengatakan bukti transfer palsu umumnya digunakan pelaku kejahatan untuk meyakinkan korban bahwa transaksi telah dilakukan.
“Padahal dana belum masuk ke rekening tujuan,” katanya.
Ia mengingatkan agar seluruh pihak selalu melakukan pengecekan saldo atau mutasi rekening secara langsung melalui aplikasi BRImo, mesin EDC atau unit kerja BRI terdekat.
“BRI terus meningkatkan literasi digital kepada masyarakat dan mitra bisnis agar memahami cara kerja sistem perbankan secara benar serta mampu mengidentifikasi indikasi penipuan digital termasuk manipulasi dokumen transaksi,” tegasnya.
BRI juga mengimbau kepada para pelaku usaha dan Agen BRILink agar lebih waspada terhadap modus-modus baru kejahatan digital seperti aksi penipuan modus APK, smishing & phishing dan tidak ragu melaporkan ke pihak berwajib apabila mengalami dugaan tindak penipuan.
Dalam menjalankan seluruh operasionalnya, BRI senantiasa menjunjung tinggi prinsip kehati-hatian (prudential banking) dan menerapkan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance), termasuk dalam perlindungan nasabah dan mitra dari potensi kejahatan perbankan.
BRI mengimbau agar nasabah lebih berhati-hati dan tidak menginformasikan kerahasiaan data pribadi & data perbankan (nomor rekening, nomor kartu, PIN, user & password internet banking, OTP dan sebagainya) kepada orang lain termasuk yang mengatasnamakan BRI.
“Baik melalui tautan, website, maupun pesan singkat dari sumber tidak resmi yg tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” jelasnya.
BRI mengimbau nasabah untuk senantiasa menggunakan saluran resmi website dan social media resmi (verified/centang biru) sebagai media komunikasi yg dapat diakses oleh masyarakat melalui:
◦ Web: www.bri.co.id
◦ IG: @bankbri_id
◦ Twitter: bankbri_id, kontak bri, promo_bri
◦ FB: Bank BRI
◦ Youtube: Bank BRI
◦ Tiktok: Bank BRI
Sumber : Rilis BRI RO Banjarmasin