![]() |
| PT Bank CIMB Niaga Tbk (IDX: BNGA) mengumumkan hasil keuangan konsolidasi unaudited untuk sembilan bulan pertama 2025 dengan kinerja yang tetap solid meski kondisi ekonomi dinamis.Foto/Istimewa |
SUARAMILENIAL.ID, JAKARTA – PT Bank CIMB Niaga Tbk (IDX: BNGA) mengumumkan hasil keuangan konsolidasi unaudited untuk sembilan bulan pertama 2025 dengan kinerja yang tetap solid meski kondisi ekonomi dinamis. Bank mencatat laba sebelum pajak Rp6,7 triliun, tumbuh 1,7% year-on-year (YoY) dengan earnings per share Rp209,57.
Presiden Direktur & CEO CIMB Niaga, Lani Darmawan, menegaskan bahwa pertumbuhan tersebut didukung kenaikan pembiayaan dan CASA yang kuat. “Kami berhasil menjaga operasional tetap efisien, profitabilitas meningkat, kualitas aset tetap sehat dengan gross NPL 1,98%. Didukung modal kuat, kinerja ini jadi bukti ketahanan dan fundamental CIMB Niaga,” ujarnya.
Modal dan Likuiditas Tetap Kokoh
• CAR: 24,7%
• LDR: 81,1%
• Total aset konsolidasian mencapai Rp369,5 triliun, mempertegas posisi CIMB Niaga sebagai bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia.
Pertumbuhan Kredit & Dana Pihak Ketiga Tetap Stabil
• Total kredit/pembiayaan naik 4,6% YoY menjadi Rp228,7 triliun
• DPK naik 8,6% YoY menjadi Rp278,0 triliun
• Komposisi CASA kuat di 67,9% (naik 10,6% YoY)
Kontributor kredit utama:
• UKM: +5,7% YoY
• Korporat: +5,4% YoY
• Konsumer: +4,3% YoY
• KPM (Kredit Pemilikan Mobil): +18,7% YoY
Kinerja Syariah Terjaga
CIMB Niaga Syariah tetap menjadi salah satu UUS terbesar di Tanah Air, dengan:
• Pembiayaan: Rp58,2 triliun
• DPK: Rp57,9 triliun
Bank terus memperluas pendanaan berbiaya rendah berbasis kemitraan syariah.
Komitmen Keberlanjutan: 24% Pembiayaan Hijau
Sekitar Rp54,7 triliun portofolio mendukung:
ekonomi rendah karbon
transisi energi adil
tujuan pembangunan berkelanjutan PBB
Pada September 2025, CIMB Niaga meluncurkan Sustainability-Linked FX & Derivatives Program yang mendukung implementasi ESG di operasional nasabah.
Digital Jadi Kunci: 91,1% Transaksi Sudah Branchless Banking
Transformasi digital terus digeber melalui:
Platform OCTO (Mobile + Web terintegrasi)
Fitur unggulan:
• Transfer BI-FAST, QRIS & QRIS lintas negara (Jepang)
• NFC Tap & Pay
• Pengajuan pinjaman & kartu kredit
• Wealth management (#GetWealthSoon)
• Integrasi OCTO Call dan OCTO WhatsApp (pertama di Indonesia!)
Transaksi finansial di OCTO melonjak 44% sepanjang 9M25.
Jaringan Digital:
• 30 Digital Branch
• 28 Digital Hub
→ Layanan cepat seperti pembukaan rekening, kartu debit, update data dalam <5 menit
Selain itu, CNAF Mobile turut mendukung pembiayaan kendaraan secara online.
Jaringan Layanan CIMB Niaga per 30 September 2025
• 393 kantor cabang
• 2.883 ATM
• 674.844 titik EDC, QR & e-Commerce
GreenBizReady: Dorong UKM & Bisnis Komersial Go Green
Platform keberlanjutan GreenBizReady dikembangkan untuk membantu UKM dan bisnis komersial:
• Pengukuran emisi GRK
• Teknologi energi terbarukan & efisiensi energi
• Pendampingan & assurance ESG
“Kolaborasi ini diharapkan mempercepat transformasi menuju ekonomi hijau,” tegas Lani.
Raih Puluhan Penghargaan, Kinerja Diakui Nasional & Regional
Sepanjang Januari–September 2025, CIMB Niaga mengantongi lebih dari 30 penghargaan, di antaranya:
Best Public Relations in Promoting Impactful Sustainable Communications – Warta Ekonomi
Corporate Banking Sustainability Finance – The Asset Triple A
Top 50 ASEAN Public Listed Companies – ACGS
Best Islamic Finance SME & Retail Bank in Indonesia – Alpha South East Asia
Indonesia Best Digital Awards – JakTV
14th Infobank Sharia Financial Institution Award 2025
Dan banyak lagi, mencerminkan keunggulan di layanan, digital, keberlanjutan, hingga tata kelola perusahaan.
Tentang CIMB Niaga
Berdiri sejak 1955, CIMB Niaga kini hadir dalam layanan konvensional & syariah, melayani consumer hingga korporasi dengan kemampuan treasury dan pasar modal yang mumpuni, didukung inovasi digital berkelanjutan.
Per 30 September 2025:
• 11.698 karyawan
• 393 cabang (termasuk 32 Digital Lounge)
• 2.883 ATM dan ratusan ribu titik layanan transaksi
CIMB Niaga konsisten menghadirkan dampak positif melalui misi keberlanjutan #SekarangUntukMasaDepan dan purpose Advancing Customers and Society.
