CIMB Niaga Catat Kinerja Positif di 9 Bulan Pertama 2025: Laba Tembus Rp6,7 Triliun, Kredit Tumbuh Sehat

 

PT Bank CIMB Niaga Tbk (IDX: BNGA) mengumumkan hasil keuangan konsolidasi unaudited untuk sembilan bulan pertama 2025 dengan kinerja yang tetap solid meski kondisi ekonomi dinamis.Foto/Istimewa

SUARAMILENIAL.ID, JAKARTA – PT Bank CIMB Niaga Tbk (IDX: BNGA) mengumumkan hasil keuangan konsolidasi unaudited untuk sembilan bulan pertama 2025 dengan kinerja yang tetap solid meski kondisi ekonomi dinamis. Bank mencatat laba sebelum pajak Rp6,7 triliun, tumbuh 1,7% year-on-year (YoY) dengan earnings per share Rp209,57.

Presiden Direktur & CEO CIMB Niaga, Lani Darmawan, menegaskan bahwa pertumbuhan tersebut didukung kenaikan pembiayaan dan CASA yang kuat. “Kami berhasil menjaga operasional tetap efisien, profitabilitas meningkat, kualitas aset tetap sehat dengan gross NPL 1,98%. Didukung modal kuat, kinerja ini jadi bukti ketahanan dan fundamental CIMB Niaga,” ujarnya.

Modal dan Likuiditas Tetap Kokoh

CAR: 24,7%

LDR: 81,1%

Total aset konsolidasian mencapai Rp369,5 triliun, mempertegas posisi CIMB Niaga sebagai bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia.

Pertumbuhan Kredit & Dana Pihak Ketiga Tetap Stabil

Total kredit/pembiayaan naik 4,6% YoY menjadi Rp228,7 triliun

DPK naik 8,6% YoY menjadi Rp278,0 triliun

Komposisi CASA kuat di 67,9% (naik 10,6% YoY)

Kontributor kredit utama:

• UKM: +5,7% YoY

• Korporat: +5,4% YoY

• Konsumer: +4,3% YoY

• KPM (Kredit Pemilikan Mobil): +18,7% YoY

Kinerja Syariah Terjaga

CIMB Niaga Syariah tetap menjadi salah satu UUS terbesar di Tanah Air, dengan:

Pembiayaan: Rp58,2 triliun

DPK: Rp57,9 triliun

Bank terus memperluas pendanaan berbiaya rendah berbasis kemitraan syariah.

Komitmen Keberlanjutan: 24% Pembiayaan Hijau

Sekitar Rp54,7 triliun portofolio mendukung:

 ekonomi rendah karbon

 transisi energi adil

tujuan pembangunan berkelanjutan PBB

Pada September 2025, CIMB Niaga meluncurkan Sustainability-Linked FX & Derivatives Program yang mendukung implementasi ESG di operasional nasabah.

Digital Jadi Kunci: 91,1% Transaksi Sudah Branchless Banking

Transformasi digital terus digeber melalui:

Platform OCTO (Mobile + Web terintegrasi)

Fitur unggulan:

Transfer BI-FAST, QRIS & QRIS lintas negara (Jepang)

NFC Tap & Pay

Pengajuan pinjaman & kartu kredit

Wealth management (#GetWealthSoon)

Integrasi OCTO Call dan OCTO WhatsApp (pertama di Indonesia!)

Transaksi finansial di OCTO melonjak 44% sepanjang 9M25.

Jaringan Digital:

30 Digital Branch

28 Digital Hub

→ Layanan cepat seperti pembukaan rekening, kartu debit, update data dalam <5 menit

Selain itu, CNAF Mobile turut mendukung pembiayaan kendaraan secara online.

Jaringan Layanan CIMB Niaga per 30 September 2025

393 kantor cabang

2.883 ATM

674.844 titik EDC, QR & e-Commerce

GreenBizReady: Dorong UKM & Bisnis Komersial Go Green

Platform keberlanjutan GreenBizReady dikembangkan untuk membantu UKM dan bisnis komersial:

Pengukuran emisi GRK

Teknologi energi terbarukan & efisiensi energi

Pendampingan & assurance ESG

“Kolaborasi ini diharapkan mempercepat transformasi menuju ekonomi hijau,” tegas Lani.

Raih Puluhan Penghargaan, Kinerja Diakui Nasional & Regional

Sepanjang Januari–September 2025, CIMB Niaga mengantongi lebih dari 30 penghargaan, di antaranya:

Best Public Relations in Promoting Impactful Sustainable Communications – Warta Ekonomi

Corporate Banking Sustainability Finance – The Asset Triple A

Top 50 ASEAN Public Listed Companies – ACGS

Best Islamic Finance SME & Retail Bank in Indonesia – Alpha South East Asia

Indonesia Best Digital Awards – JakTV

14th Infobank Sharia Financial Institution Award 2025

Dan banyak lagi, mencerminkan keunggulan di layanan, digital, keberlanjutan, hingga tata kelola perusahaan.

Tentang CIMB Niaga

Berdiri sejak 1955, CIMB Niaga kini hadir dalam layanan konvensional & syariah, melayani consumer hingga korporasi dengan kemampuan treasury dan pasar modal yang mumpuni, didukung inovasi digital berkelanjutan.

Per 30 September 2025:

11.698 karyawan

393 cabang (termasuk 32 Digital Lounge)

2.883 ATM dan ratusan ribu titik layanan transaksi

CIMB Niaga konsisten menghadirkan dampak positif melalui misi keberlanjutan #SekarangUntukMasaDepan dan purpose Advancing Customers and Society.

Lebih baru Lebih lama